Sabtu, 18 April 2020

Ceramah Master Chin Kung 20 Februari 2020


Ceramah Master Chin Kung 20 Februari 2020
Melafal Amituofo Merupakan Niat Pikiran Terbaik
Bertempat di : Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan

Hal yang paling penting bagi praktisi pelafal Amituofo adalah kekuatan niat pikiran. Selama kekuatan samadhi (konsentrasi)-mu sangat kuat, maka kekuatan luar takkan sanggup menggoyahkan dirimu, barulah anda dapat menjadi majikan bagi diri sendiri.

Apakah kita mampu menjadi pengendali bagi diri sendiri? Jika masih memiliki banyak khayalan atau bentuk-bentuk pikiran, sambil melafal Amituofo sambil berpikir sembarangan, maka kekuatan luar dengan mudah dapat menggoyahkan dirimu, hal ini sungguh mengerikan.

Segala gangguan dari luar, hendaknya dienyahkan jauh-jauh, janganlah dipikirkan, hal yang baik juga jangan dipikirkan, hal yang buruk juga janganlah dipikirkan, oleh karena baik dan buruk juga adalah kemelekatan, anda takkan bisa keluar dari lingkaran enam alam tumimbal lahir, inilah masalah besar. Dalam melatih diri, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membebaskan diri dari lingkaran ini.

Baik Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, dua-duanya juga jangan dipikirkan. Umpamanya Dharma duniawi menyampaikan pada dirimu tentang kesenangan, sebaliknya Dharma non duniawi menyampaikan padamu tentang penderitaan. Dua hal yang saling bertentangan ini, juga jangan dipikirkan.

Jika dipikirkan maka tidak bisa terlepas dari lingkaran enam alam tumimbal lahir, merupakan masalah besar.

Maka itu melafal Amituofo barulah merupakan niat pikiran terbaik. Rupang Buddha boleh disimpan ke dalam Smartphone, ketika ada waktu senggang, boleh digunakan buat memandang rupang Buddha sambil melafal Amituofo.

Daripada memikirkan hal lainnya yang tidak berguna, lebih baik memikirkan Buddha atau Bodhisattva (mengingat dan melafal Amituofo).


想佛最好 | 餐後開示 | 2020/2/20 | 台南極樂寺

念佛人最重要的(是)念力。你定力很強,外力動搖你不了,你才能做主。有沒有把握做主?如果常常有妄念,常常念佛胡思亂想,外力對你就很可怕。這個外力盡一切可能丟掉,不要去想,好的也不要想,壞的也不想,因為好壞都有相,六道這個環出不去,這是大麻煩。 修學不管哪一個教,不管什麼樣的心境,首先要脫這個圈。

脫圈沒人知道,自己知道。世出世間法都放下,世間法假圈,出世間法也是假圈,都不想。再舉一個,佛法講苦,世間法給你講樂,苦樂也是個圈子,都是麻煩。所以要想,講實在話想佛最好,佛像,小佛像,裝在口袋裡,沒事情拿出來,想佛像。想裡面無比殊勝的,想菩薩、想佛,別的都不想