Kamis, 16 April 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Maret 2020


Tanya :
Guru, ada sebagian praktisi yang setelah membaca ceramah Guru Sesepuh, menggalakkan melafal “Namo Amituofo”, jadi sebenarnya melafal nama Buddha itu, sebaiknya melafal “Namo Amituofo” atau “Amituofo” saja?

Master Chin Kung menjawab :
Jika melekat maka tidak perlu lagi memperdebatkan persoalan ini! Mau melafal “Amituofo” juga tidak boleh, mau melafal “Namo Amituofo” juga tidak boleh, jadi lebih baik tidak usah melafal saja, hati pun jadi bersih dan suci.

Anda sesungguhnya adalah Buddha, coba renungkan benar atau tidak? Kalau masih membeda-bedakan entah mau melafal empat kata (Amituofo) atau enam kata (Namo Amituofo), hati pun jadi kalut.

Hati yang suci, tidak timbul sebersit pun niat pikiran, begini barulah disebut sebagai melafal Amituofo. Jadi janganlah gara-gara membeda-bedakan empat kata (Amituofo) dan enam kata (Namo Amituofo), akhirnya jadi berantem, apa jadinya nanti!

Hendaknya saling memuji dan saling memotivasi, bukankah begini lebih bagus, apapun terasa baik dan bagus, asalkan di dalam hatimu ada Buddha. Kalau masih hobi membeda-bedakan empat kata (Amituofo) dan enam kata (Namo Amituofo), manalah bagus, masih punya hati perbedaan.

Yang paling ditakutkan adalah pikiran yang tidak terfokus, masih hobi membeda-bedakan dan melekat. Jadi dalam melafal Amituofo itu, baik empat kata (Amituofo) maupun enam kata (Namo Amituofo) adalah sama, yang penting hati yang suci.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Maret 2020
Bertempat di : Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan


師父,有同修看到祖師的開示,有些是提倡念六字佛號,所以念佛是要念四字還是念六字?
老法師
如果執著,就不必爭這些了!念四字也不好,念六字也不好,不念最好,心地乾淨。不念的時候,本來就是佛,你想對不對?你還分別這個佛、那個佛;那個佛,把(你)擾亂了。心地清淨,一個雜念不生,那是真的念佛;念是佛,不念也是佛。不要因為念四字、六字打起架來,就不好看了!都讚歎、都獎勵,都好,只要你心裡是佛。你有六字佛、有四字佛,不好了,分別。最忌諱夾雜、分別、執著。 念佛,不管念幾個字,心地清淨。

文摘恭錄 法音宣流(第八集)  2020⁄3⁄29  台南極樂寺



 

 

Bagaimana cara untuk menghapus perbedaan, kemelekatan dan sikap berseteru? Hanya menyisakan sepatah Amituofo, dilafal berkesinambungan tak terputus, cobalah menerapkannya.

Memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma sangatlah penting, oleh karena dengan memfokuskan diri pada satu metode, takkan ada banyak keraguan dan pertanyaan yang  mengganggu di pikiran, barulah dapat memasuki kondisi batin. Sebaliknya jika belajar beraneka ragam, alhasil jadi kebingungan dan muncul banyak pertanyaan.

Melafal Amituofo hingga niat pikiran apapun tidak ada lagi, hanya ada lafalan Amituofo saja, tidak ada lagi niat pikiran kedua, hati perbedaan dan kemelekatan juga tidak ada lagi, sebersit niat pikiran pun tidak timbul, bagus!

Orang awam memiliki kekotoran batin dan tabiat yang sangat banyak, yang paling penting adalah melafal Amituofo hingga dapat mengenyahkan segala kekotoran batin dan tabiat ini. Melihat segala sesuatu juga adalah Amituofo.

Saat berusia lanjut yang paling penting adalah memfokuskan diri pada satu rupang Buddha saja. Harus memiliki ketetapan hati pada “SATU” saja, jangan lagi timbul khayalan, perbedaan dan kemelekatan.

Menyadari bahwa sisa waktu bagi diri sendiri juga sudah tidak banyak lagi, makanya berguru itu juga “SATU” saja sudah cukup. Contohnya jika saya meneladani Master Yin Guang, maka sepanjang hayatku cuma fokus pada seorang teladan saja; contoh lainnya jika saya meneladani Master Ouyi, maka sepanjang hayatku cuma fokus pada seorang teladan saja.

Pilih seorang Guru yang dirasakan cocok dengan diri sendiri, lalu memfokuskan diri pada satu Pintu Dharma dan mendalaminya. Cukup pilih seorang Guru saja, dengan demikian barulah mudah memasuki kondisi batin.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Maret 2020
Bertempat di : Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan


如何把分別、執著、鬥爭念掉?只剩一句阿彌陀佛,一直念下去,試試看。 一門深入最重要,萬法歸一。一門深入,沒有干擾、沒有疑問,這就入境界了;還有很多問題,你還沒入門。念到什麼念頭都沒有了,只有阿彌陀佛,那是真佛。念(到)最後,這一句阿彌陀佛,沒有第二念,念山河大地、萬事萬法也都是佛。分別執著心完全沒有了,眾生就是佛,佛就是眾生。契入這個境界,一念不生,好!我們凡夫煩惱習氣很多,最重要的,把這些煩惱習氣念掉,找不到了,沒有了,這個重要。眼見耳聞,一片山河大地,統統是阿彌陀佛。原來山河大地就是阿彌陀佛,捨阿彌陀佛還去找阿彌陀佛,到哪去找去?是非人我也是佛,無有一法不是佛,法法都是佛,真佛,入佛境界,自己跟佛、阿彌陀佛融合成一體。 晚年最重要的,找一個做依靠,用一個佛像可以,用祖師也可以。定於一,不再有妄想、不再有執著,這就對了!我們自己知道時間不多,跟一個。我學印光大師,我就跟他一個;我學蕅益大師,我也就跟一個。選定一個跟自己興趣相同,一門深入。一個老師,行,容易入境界

文摘恭錄 法音宣流(第八集)  2020⁄3⁄29  台南極樂寺