Kamis, 09 April 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Maret 2020


Pertanyaan umat :
Tempo dulu pernah menyakiti banyak orang, bagaimana cara mengurai ikatan permusuhan ini?

Master Chin Kung menjawab :
Memaafkan semua makhluk yang menderita, kita memaafkan mereka, baik membaca Sutra maupun melafal Amituofo, seluruh jasa kebajikan dilimpahkan kepada mereka. Demikian pula dengan upaya kita menjauhi kejahatan dan menimbun kebajikan, semua jasa kebajikan ini juga dilimpahkan kepada mereka.

Semoga pada satu masa kehidupan ini dapat mengurai ikatan permusuhan, sehingga pada masa kehidupan mendatang dapat menjadi sahabat melatih diri, bersama-sama melafal Amituofo, hal ini sangat penting sekali. Jika tidak melafal Amituofo membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka ikatan permusuhan ini selamanya takkan terurai.

Jika diri sendiri dapat melimpahkan jasa kebajikan secara langsung, maka hal ini adalah yang paling bagus; apabila diri sendiri tidak dapat melakukannya, maka keluarga, kerabat dan sahabat boleh mewakilinya.

Yang paling penting adalah ketulusan, tanpa ketulusan takkan efektif, diri sendiri harus memiliki ketulusan. Orang yang melimpahkan jasa, sebaiknya memiliki hubungan darah, contohnya putra-putri, saudara atau saudari.

Insan yang belajar Ajaran Buddha memahami hal begini, takkan ada keraguan. Sebaliknya orang yang tidak belajar Ajaran Buddha, dia memiliki kemelekatan yang kuat, anda jelaskan padanya, dia tidak percaya, hal ini tentunya lebih sulit; meskipun sulit, tapi bila dilakukan bersama, hasilnya pasti lebih efektif.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Maret 2020
Bertempat di : Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan


居士:過去生得罪很多人,應該怎麼來化解?

老法師:原諒一切苦難眾生,我們原諒他,誦經、念佛都好,迴向給他,斷惡修善,都把功德迴向。希望這一生能夠解開這個怨結,來生是念佛的好友,這個很重要。如果不念佛求生淨土,永遠化不了。

自己迴向是最好的;自己不能迴向,家親朋友可以代迴向。要拜託他,儀軌我不會做,拜託你們幫助我做。要真誠,這個很重要,沒有真誠心沒效,自己要有真誠。迴向的人最好他的關係,兒女、兄弟姐妹,那個親情他能夠觀想,得受用。

學佛的人比較好,他明白這個事理,不懷疑。沒有學佛的人,他堅固的執著,你跟他講他不相信,那個比較難;難,一起做,效果很大。

文摘恭錄 法音宣流  (第三集)  2020/3/19  台灣台南極樂寺  檔名:32-356-0003




 

Musuh kerabat berkumpul menjadi keluarga dalam satu rumah. Insan zaman dulu berkata, kalau bukan musuh, takkan berkumpul bersama, sungguh beralasan, kalian berkumpul di satu tempat, rumah yang sama, merupakan musuh kerabat pada masa kehidupan lampau.

Menyadari hal ini, makanya ikatan permusuhan harus segera diurai, kalau tidak segera diurai, akan jadi masalah besar. Bagaimana cara mengurai ikatan permusuhan? Yakni dengan melimpahkan jasa kebajikan kepada-nya, memohon pemberkatan dari Buddha dan Bodhisattva, semoga ikatan permusuhan dapat terurai secara tuntas.

Yang penting adalah dapat memaafkan semua orang yang pernah menyakiti diri sendiri, jangan lagi berperhitungan dengannya, jangan lagi mendendam, hendaknya giat melatih Sila, Samadhi (pikiran terfokus) dan Prajna (kebijaksanaan).

Bagaimana cara melatih diri? Yakni dengan melapangkan hati, mengurai segala ikatan permusuhan, jasa kebajikan yang ditimbun diri sendiri, dilimpahkan untuk dinikmati bersama dengan musuh kerabat penagih utang.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Maret 2020
Bertempat di : Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan
 

家裡面怨結很多,古人講不是冤家不聚頭,很有道理,你們會認識、會在一起,都是過去生中冤親債主。懂得就是冤家要解結,這些冤家在我面前,我要把他解開,不能夠結結,那很麻煩。解結用什麼方法?方法是集結的功德迴向給他,求佛菩薩加持,怨結解清。講經、教學、授課,功德都可以迴向。一般人機會比較少,你們的機會多。

  最重要的懂得這個道理,自己懂得原諒一切傷害我的人,不再追究、不再怨恨,認真努力修戒定慧。修行怎麼個修法?擴大自己的心量,化解一切的怨恨,自己修積的一些功德,願大家跟冤家共同分享,這樣好。  

文摘恭錄 法音宣流  (第三集)  2020/3/19  台灣台南極樂寺  檔名:32-356-0003