Rabu, 22 April 2020

Ceramah Master Chin Kung 5 Maret 2020


Ceramah Master Chin Kung 5 Maret 2020
Judul : Fakta dari Kelahiran dan Kematian
Bertempat di : Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan

Buddha Dharma dan leluhur mengajarkan pada kita untuk mengembangkan hati yang setia, bakti, mulia dan kasih, baik dalam memperlakukan orang lain, menangani urusan, memperlakukan makhluk hidup dan benda mati, juga mesti mengembangkan sebutir hati yang murni bajik, takkan ada niat terselubung demi kepentingan pribadi, ini merupakan syarat yang paling dasar untuk menjadi manusia yang seutuhnya.

Mengembangkan etika moral diri sendiri, hal ini lebih penting dari segalanya. Kita mesti memiliki sikap yang setia dan bertanggung jawab, inilah yang disebut di dalam ajaran Konfusius sebagai insan mulia, di dalam Buddha Dharma disebut sebagai Kalyanamitra Agung.

Baik di dalam duniawi maupun non duniawi, juga dapat menjadi teladan bagi setiap insan.

Sesungguhnya kelahiran dan kematian itu tidak ada, hanya saja kita yang masih awam ini tidak mengetahuinya, andaikata anda memiliki Mata Dewa (mata yang dapat melihat tanpa rintangan), anda melihat di tempat ini dia menampilkan kematian, tetapi di sana dia menampilkan kelahiran.

Jadi sesungguhnya dia itu lahir atau mati? Tidak ada, semuanya adalah sama, yakni dorongan kekuatan karma. Maka itu penuh dengan kebahagiaan Dharma.

Kita hanya melihat pada satu sudut di sini saja, tidak melihat keseluruhannya. Andaikata kita dapat melihat secara menyeluruh, barulah menyadari.....Oh, ternyata begini ya kenyataannya.

Makanya di sini anda menangis sampai begitu memilukan sekali, sedangkan di sana orang lain sedang bersukacita menyambut kelahiran, sungguh menakjubkan.

Yang paling penting adalah selama hidup di dunia ini, Konfusius telah memberikan teladan di Negeri Tirai Bambu; Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta telah memberikan teladan di dunia ini. Maka itu seluruh siswa Buddha hendaknya meneladani para Buddha dan Bodhisattva, meneladani insan suci dan bijak, barulah takkan melangkah di jalan yang salah.



生與死的真相 | 餐後開示 | 2020/3/5 | 台南極樂寺

我們佛法、老祖宗都講忠孝仁愛我們存這個心對人對事對物存心純善沒有私心這是做人基本的條件。培養自己的德行,這比什麼都重要。我們能夠盡忠、能夠盡職,就是儒家講的賢人君子,佛法講的大善知識。

在世間要做世間人的好榜樣出世間要做一個出世間的好榜樣。沒有生死我們凡夫不知道你要是有天眼你看到他這個地方示現的死那個地方示現的生。到底是生還是死?沒有,業力感召,統統是一樣。所以法喜充滿,要不然怎麼能法喜充滿?我們只看到我們這一個小角落,沒有看到全體,看到全體,啊!原來如此。所以你這邊是悲哀、弔喪,那一邊是歡喜,又來了。微妙不可言。

最重要的孔子在中國做榜樣觀音、勢至在出世間做榜樣。佛菩薩、祖宗的子弟要學佛、要學儒,絕對不會錯。