Minggu, 10 Mei 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 April 2020 (Bgn 2)


Hari ini kita tidak perlu melakukan hal lainnya, hendaknya mengerahkan segenap daya upaya guna membangkitkan kembali pendidikan kesusilaan Tiongkok. Kita percaya bahwa “Sifat dasar manusia adalah bajik”, atas dasar inilah kita maju selangkah demi selangkah guna mewujudkannya.

Kalian yang masih berusia muda, hendaknya berupaya melakukannya dengan serius, makin bekerja makin sehat, oleh karena negara sedang membutuhkan pengabdianmu, rakyat membutuhkan kontribusi-mu, para Buddha dan Bodhisattva membutuhkan dedikasi-mu.

Manusia merupakan makhluk berakal budi yang berkeinginan untuk belajar. Kami mengemukakan pedoman pelajaran bagi Sekolah Dasar adalah menanam akar pendidikan kesusilaan dan pendidikan etika moral.

Saat bersua dengan Ayahbunda, murid-murid dapat bersikap membungkuk memberi hormat, menjalin tali kasih antar Ayahbunda dan anak selamanya jangan sampai terputus.

Demikian pula ketika bersua dengan guru, hendaknya juga bersikap membungkuk memberi hormat. Ini bukanlah takhayul, mengapa tidak menerimanya?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 April 2020
Bertempat di : Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan
 

我們這一天不必搞別的事情得想盡方法把中國教育搞起來。還是要「人之初性本善」一路一路向上提。你們年輕,要真幹,愈幹身體愈好,因為現在國家需要你、人民需要你、諸佛菩薩需要你。人類還算不錯,還想學。我們提出來,小學教育宗旨是什麼?倫理道德扎根。見到父母還是拜一拜好,與父母的感情永遠不要斷。父母,親愛之情!老師,老師之情跟父母沒兩樣,我們見到老師都要拜。不迷信,為什麼不接受?

文摘恭錄 法音宣流第十四集 | 2020/4/18  台南極樂寺

 


 

Tak peduli di mana saja, ketika bersua dengan guru, hendaknya juga membungkuk tiga kali memberi hormat. Kita membangkitkan niat menjadi pelopor melakukan hal ini, kalian tidak mau melakukannya, saya yang melakukannya.

Jika anda bertanya padaku, mengapa kita harus sampai membungkuk tiga kali, maka saya jelaskan padamu. Guru telah bersusah payah, sekarang saya ingin mewariskan pelajaran ini kepada murid, tetapi tidak ada orang yang berminat mempelajarinya lagi; jika ada orang yang ingin belajar, guru pasti akan serius mengajarinya, jadi asalkan kita bersedia belajar, maka begini sudah betul. Kita harus memperlihatkan teladan kepada murid-murid.

Saat berusia muda, saya berguru pada Profesor Fang Dong-mei, saat bertatap muka dengan beliau, dengan perasaan hormat saya membungkuk tiga kali, memohon bimbingan pada guru.

Beliau menjelaskan pelajaran minimal selama 1,5-2 jam. Usai belajar sebelum beliau beranjak pergi, saya juga akan membungkuk tiga kali padanya. Pelajar lainnya merasa heran, mengapa Guru Fang bersedia mengajarimu? Saya menjawab, saat bertatap muka dengan guru, membungkuk tiga kali, atas dasar inilah beliau bersedia mengajariku, sedangkan kalian tidak bersedia melakukannya, apa boleh buat.

Setiap Hari Minggu tiba, saya pasti menuju ke rumah Guru Fang. Kalian tidak menghormati guru, walaupun guru ingin mengajarimu, harus ke mana mengajarimu? Saya mengikuti pelajaran Guru Fang adalah di tempat kediamannya, bukan di sekolah.

Jadi sikap membungkuk memberi hormat bukanlah kepercayaan takhayul, namun sebagai ungkapan rasa hormat pada guru dan Ayahbunda, mereka bukanlah orang lain.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 April 2020
Bertempat di : Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan


無論在什麼地方我們見到老師給老師都是頂禮三拜。我們發心帶頭,你們不幹,我幹。你再問我為什麼要這樣拜,我再跟你細講。老師辛辛苦苦,現在他要傳給學生,沒人學了;真正想學的,他真想教,我們真想學,就對了。我們要做榜樣給學生看。

早年頭我年輕,親近方東美教授,見到方老師,恭恭敬敬的三鞠躬,向老師請教。他給我上了一堂課,至少一個半小時、兩個小時,課上完我們離開,我們是頂禮三拜才離開。同學們看起來奇怪,他為什麼肯教你?我說見面頂禮三拜,就憑這個他就講、他就教,你們沒有,我有。星期天我一定到老師家去。你們沒有把老師看在眼裡,老師想教你,到哪裡去教?我跟他上課是在他家裡,不是在學校。這不是迷信,這是對老師、對父母一份恭敬心,他不是別人。

文摘恭錄 法音宣流第十四集 | 2020/4/18  台南極樂寺





 

Anak-anak murid sekarang tidak tahu menghormati guru, hari ini kita memperagakan kepada mereka, bagaimana sikap insan zaman dulu dalam menghormati guru dan menjunjung ajaran. Bagi kalian hal ini sudah ketinggalan zaman, namun bagi diriku, hal ini masih berlaku.

Ayahbunda mesti diperlakukan dengan penuh hormat, tiap hari pagi dan malam, memberikan salam dan penghormatan kepada Ayah dan bunda, menjalin tali kasih ini selamanya, berkesinambungan tak terputus.

Kami memperagakan buat diperlihatkan kepada pelajar lainnya, apa maknanya? Mendidik generasi selanjutnya.

Murid melakukan sujud kepada guru adalah sudah sepantasnya, guru pasti akan serius menjelaskan pelajaran kepadamu, jika mengajar secara asal-asalan, maka dia bersalah padamu.

Hendaknya membangkitkan kembali etika ini, bahkan mesti menyebarluaskannya ke berbagai belahan dunia, termasuk ke Paris (markas besar UNESCO). Ini merupakan hal yang bagus, namun sayangnya sebagian besar orang tidak mengetahuinya, kita harus memulihkannya kembali.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 April 2020
Bertempat di : Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan


現在年輕的學生們不懂得敬老師我們今天這個表演是把中國自古以來尊師重道表演出來。你們已經過時,我這裡還沒過時。父母要敬禮,早晚要敬禮,親情永遠保持,沒有中斷。我們做給別的同學看,那是什麼意思?教下一代。學生跟老師行跪拜禮是應該的,老師一定很認真教你,不認真教你對不起你。要把這個禮節恢復起來,還要帶到外國去,要帶到巴黎。好東西,不是壞東西,好到現在一般人不認識,我們要把它拉回來。

文摘恭錄 法音宣流第十四集 | 2020/4/18  台南極樂寺