Praktisi bertanya :
“Apakah praktisi pelafal Amituofo juga mesti menanam akar pendidikan kesusilaan?”
“Apakah praktisi pelafal Amituofo juga mesti menanam akar pendidikan kesusilaan?”
Master Chin Kung menjawab :
Apa saja juga harus memiliki akar. Cobalah lihat
di kebun sayur, semua tumbuhan juga memiliki akar, tanpa akar tidak dapat
tumbuh berkembang. Harus menanam akar, pendidikan dasar sangatlah penting.
Sekolah Dasar Hongming, di dalamnya terdapat
beberapa praktisi sejati yang menampilkan teladan buat diperlihatkan kepada masyarakat.
Apa yang dimaksud dengan pendidikan kesusilaan? Apa yang dimaksud dengan
menanam akar pendidikan kesusilaan? Mengapa harus menanam akar pendidikan
kesusilaan?
Hanya Vihara yang menerapkan akar pendidikan kesusilaan,
barulah dapat menghasilkan insan berbakat yang bajik, dari sinilah dapat tampak
hasilnya, dapat membangkitkan keyakinan hati.
Jika tidak menampilkan teladan yang baik, maka
tidak ada orang yang percaya. Makanya saya memiliki kesempatan untuk membentuk
sebuah organisasi kecil, lalu mengundang mereka datang berkunjung dan setelah menyaksikannya,
ternyata benar tidaklah sama.
Menanam akar, adalah mengambil tanaman sayuran di
kebun sayur sebagai perumpamaan. Bodhisattva menanam akar Bodhisattva, Buddha
menanam akar pencapaian KeBuddhaan; tergantung dirimu hendak menanam akar yang
mana satu, anda berharap apa hasil pencapaiannya. Akar adalah tujuan.
Akar pendidikan kesusilaan, sekarang Vihara yang
melafal Amituofo sedang mengamalkannya, saya sangat senang melihatnya. Insan
yang belajar Ajaran Buddha, yang paling penting adalah menanam akar. Di dalam
Vihara pelafalan Amituofo, para praktisi sedang menanam akar, di mana saja dan
kapan saja juga sedang menanam akar.
Apabila anda berkenan berkunjung dan
menyaksikannya secara langsung, kami memiliki beberapa Vihara yang telah
berhasil mewujudkannya, anda boleh datang mengunjunginya.
Melakukan perbandingan secara seksama, pendidikan
mana yang dapat membuatmu tergugah, orang-orang bagaimana yang butuh menanam
akar, lalu melihat kembali pada diri sendiri, apakah saya sendiri juga butuh
menanam akar?
Setelah menanam akar, maka menuruti akar tersebut
guna melatih diri, akar tersebut adalah Sepuluh Kebajikan, pendidikan
kesusilaan dan pendidikan etika moral, kita mengikuti arahan guru dengan bersungguh-sungguh,
mengikuti bimbingan dari insan suci dan bijak zaman dulu guna melatih diri.
Waktu berlalu dengan sangat cepat, saya sangat
senang berdiskusi dengan praktisi sekalian, menyampaikan pengalaman hidupku.
Sekarang saya masih mendalami akar pendidikan kesusilaan, menanam akar itu
betapa pentingnya, saya juga menasehati orang lain supaya menanam akar, terima
kasih praktisi sekalian!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 7 April 2020
Bertempat di :
Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan
(同修請示):「念佛道場修行的人是不是需要扎根?」
什麼都需要扎根。你到菜園去看一看,看看蔬菜的生長是不是正常,扎根的一定正常,沒有扎根的它不正常。植物根重要,沒有根它不能生長。要扎根,基礎的教育很重要。
弘明一條龍的小學,那裡面有些真正的菩薩,做榜樣給社會大眾人士參觀。什麼叫教育?什麼是扎根教育?為什麼要做扎根教育?只有扎根的道場,才能成就各行各類的善心人士,或者我們說善心人才,在那能看到效果,能發起信心。不做榜樣,沒人相信。所以我有機會、有緣分組一個小團,請他們參觀,參觀完了之後,果然不一樣。
扎根,是舉起菜園裡面種菜的做比喻。菩薩要扎根,扎菩薩的根,佛陀扎成佛的根;看你要扎哪一個根,你希望有什麼成就。根是目標。
扎根的教育,現在念佛道場都在幹,我看到很歡喜。學佛的人,最重要的就是要扎根教育。在念佛道場,修行人人人在扎根、時時在扎根、處處是扎根。你要願意實驗、願意參觀,我們有幾個道場做成功了,你可以來參觀。做詳細比較,哪種教育你能夠感動,哪些人需要扎根,然後回過頭來看看我自己,我自己要不要扎根?扎根之後依根本修,根是十善,本是倫理道德,我們認真跟著老師、古聖先賢這些教導來修行。
時間過得真快,我很願意跟同學們在一塊聊聊天,把我一生的經驗向大家做個報告。我現在還在學扎根,扎根多麼重要,我也勸人扎根。謝謝大家!
文摘恭錄 — 法音宣流(第十一集) 2020/4/7 台南極樂寺