Selasa, 14 April 2020

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Maret 2020


Tanya :
Mohon wejangan Guru, apa metode pelatihan diri terbaik buat kaum intelek?

Master Chin Kung menjawab :
Melafal Amituofo, bernamaskara pada Buddha, membaca Sutra, jika lingkungannya memungkinkan, yang paling baik adalah setiap hari memiliki jadwal kebaktian yang tetap, tiap hari tidak pernah absen.

Di rumah sendiri ada ruang kebaktian kecil, tiap hari boleh melakukan namaskara pada Buddha, namaskara juga termasuk olahraga. Harus memiliki jadwal yang tetap, contohnya sehari melakukan namaskara sebanyak 100 kali atau 200 kali, tentukan saja sendiri. Harus serius, tiap hari tidak pernah terputus, menyelesaikan kebaktian sendiri.

Melakukan namaskara kepada Buddha dapat digabungkan dengan melafal Amituofo. Dari melakukan namaskara sebanyak satu kali, secara bertahap ditambah hingga mencapai 200 kali. Minimal juga harus melakukan namaskara sebanyak 100 kali, tiap hari dilakukan secara rutin. Inilah yang merupakan pintu pengamalan.

Pintu teori adalah membaca Sutra. Setiap hari menghafal Sutra Usia Tanpa Batas, Bab 6 Mengikrarkan Tekad Agung. Saat permulaan masih menggunakan buku Sutra, tiap hari dibaca hingga akhirnya sudah hafal di luar kepala, tidak perlu menggunakan buku Sutra lagi. Tiap hari menghafal Bab 6 Mengikrarkan Tekad Agung, hingga akhir hayat.

Memohon pada Buddha supaya memberkati agar diri sendiri senantiasa sehat. Tanpa tubuh yang sehat, anda tidak sanggup melakukan namaskara, maka itu tubuh yang sehat merupakan faktor yang sangat penting. Tekad ini mesti dibangkitkan, pasti dapat diwujudkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Maret 2020
Bertempat di : Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan


請問師父上人,對知識分子而言,最好的修行方式是什麼呢(念佛、拜佛、讀經等等)?
老法師
念佛、拜佛、讀經,如果有這個環境,最好每天定入功課,天天不缺。自己家裡有個佛堂,拜佛好,拜佛也是一個運動。要定功課出來,每天拜一百拜、拜兩百拜,自己跟自己規定;要認真,日日不斷,把自己的功課做完。解行並重,行門是拜佛、是念佛,跟念佛可以合起來做。一天拜兩百拜,慢慢就增加。至少要拜一百拜,這一年一天不缺,行門。 解門,讀經,佛的經典。讀經目的在背誦。開始的時候用經本,熟了以後不用經本。經本背了,每一天背四十八品,一直到還有壽命,也就是到嚥氣那一天為止。跟佛定個約,請佛給我一個健康的身體。沒有健康身體你不能拜,所以健康的身體很重要。這個願你要發,確確實實可以做到的。

文摘恭錄 法音宣流(第七集) | 2020/3/27 | 台南極樂寺





 

Diantara rekan praktisi kita yang melatih Pintu Dharma Tanah Suci, ada yang mengalami kemajuan, saya melihatnya jadi sangat bersukacita.

Membaca Sutra itu harus memiliki ketetapan hati. Baik melafal Amituofo, melakukan namaskara, membaca Sutra, hendaknya dilakukan secara rutin dan tidak terputus, setiap hari terjalin dengan Buddha dan Bodhisattva. Serupa dengan kita sekarang ini, berkumpul dan berada bersama di Vihara Jile Si ini. 

Venerable Wudao dan Venerable Wuxing, merupakan sosok praktisi yang sulit ditemukan. Sepanjang hayat hanya mengandalkan seorang Kalyanamitra saja, jika kalian bertanya padaku, maka saya akan mengenalkannya pada kalian.

Selain itu saya berharap para Kalyanamitra ini juga dapat menampilkan teladan, seperti yang saya sebutkan tadi, membaca Sutra, melafal Amituofo, bernamaskara pada Buddha, tiap hari dilakukan secara rutin tak terputus.

Kita menasehati orang lain melafal Amituofo, tetapi diri sendiri malah tidak melafal Amituofo, mana mungkin dia mau percaya pada ucapanmu; jadi kita harus menampilkan teladan, barulah dia mau percaya dan melakukannya secara rutin.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Maret 2020
Bertempat di : Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan

我們同學當中有修這個法門,修得很有成就,我看到很歡喜。 讀經好,要有恆。選擇淨土三經,或者《往生論》,以五經一論做為教材,把它念熟,念到能背誦。念佛、拜佛、讀經決定不中斷,每天跟佛菩薩交卷。大家在一塊,像我們都住在極樂寺。 悟道、悟行都是很難得的修行人。依止一位善知識,可以選擇;你們要來問我,我給你介紹。尤其我希望這些善知識做出標準來,標準是我剛才講的,讀經、念佛、拜佛每天不中斷,一年到頭不中斷。我們自己勸人念佛,自己要不念佛,他不相信;我們自己要做出榜樣,他就相信,而且他也肯繼續做。我不是騙你,我也要做榜樣,我所說的最低的榜樣,讀誦分量最少的榜樣;大家工作、法務很忙,也要照顧。 大家還要給全球淨宗也要做出行門的榜樣。我們自己不做,別人不肯做。行門是在日常生活當中,給大家做個樣子。

文摘恭錄 法音宣流(第七集) | 2020/3/27 | 台南極樂寺





 

Masa kini, setiap insan menghadapi kehidupan yang penuh kesibukan, maka itu jadwal kebaktian boleh ditentukan sendiri, saat permulaan 30 menit dulu, lalu secara perlahan boleh  ditingkatkan menjadi 50 menit, jika masih memiliki kelebihan waktu senggang, boleh ditingkatkan hingga kisaran 1-3 jam.

Tidak perlu terikat, fleksibel saja, atur sendiri waktu untuk membaca Sutra, waktu untuk melafal Amituofo, yang penting diri sendiri merasa nyaman, sehingga jadwal kebaktian dapat dijalankan secara rutin dan tidak terputus.

Saat melakukan kebaktian, hendaknya melepaskan segala kemelekatan, jika tidak melepaskan kemelekatan maka ini merupakan rintangan, menghalangi upayamu terlahir ke Alam Sukhavati; asalkan anda bersedia melepaskan kemelekatan, maka masalah pun teratasi.

Keberhasilan dan kegagalan terletak pada ketetapan hati sendiri. “Merupakan kesempatan yang sulit diperoleh untuk terlahir jadi manusia, juga merupakan kesempatan yang sulit diperoleh untuk dapat mendengar Buddha Dharma”, semoga praktisi sekalian menghargainya.

Kesempatan ini telah kita peroleh, maka itu pada satu masa kehidupan ini mesti terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, tidak menyia-nyiakan kelahiran kali ini, menggenggam erat kesempatan ini, baik berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring tak terpisahkan dari melafal Amituofo.

Pembahasan kita sampai di sini dulu, semoga ini merupakan langkah awal yang bagus, persamuan melafal Amituofo kita ini dapat berlangsung selama-lamanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Maret 2020
Bertempat di : Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan
 

現在大家都繁忙,功課五十分鐘、三十分鐘做完;還有時間,你可以把每天的時間平均延長,一個半小時延長到兩個小時、延長到三個小時。不必拘束,活活潑潑的,或是延長讀誦,或是延長念佛次數,每天念佛次數增加,讓自己的功課常續不斷。 這個世間該放下的統統要放下,不放下就是障礙,障礙你往生極樂世界;你肯放下,問題就解決。成敗不在外緣,在自己決心、恆心。人身難得,佛法難聞,希望同學們珍惜。這次的緣分我們遇到了,這一生決定要往生淨土,不辜負這一生,不辜負這一世,這一生真的抓到,行住坐臥不離彌陀。 今天我們就談到此地,希望這是一個好的開端,永遠能夠續下去,我們這個小念佛會永遠存在

文摘恭錄 法音宣流(第七集) | 2020/3/27 | 台南極樂寺