Jumat, 15 Mei 2020

Cara membedakan Ajaran benar dan ajaran sesat


Ceramah Master Chin Kung 28 Desember 2019
Bagaimana caranya membedakan Ajaran benar dan ajaran sesat?
Bertempat di : Vihara Jile Si, Tainan, Taiwan

Pendukung Dharma paling penting adalah bisa membedakan Ajaran benar dan ajaran sesat, mendukung Dharma Sejati, takkan mendukung ajaran sesat, hal ini sangat penting, kalau keliru mendukungnya malah jadi menciptakan karma buruk.

Cara membedakan ajaran benar dan ajaran sesat adalah perbanyak mendengar ceramah Dharma, perbanyak membaca Sutra, Jika apa yang dia katakan sama dengan yang tercantum di dalam Sutra, sama dengan ucapan Guru Sesepuh, maka ajaran tersebut adalah benar.

Sebaliknya kalau tidak sama, maka ajaran tersebut bermasalah. Hal ini mesti dibedakan dengan jelas, kalau keliru maka bisa menciptakan karma buruk, menciptakan karma buruk pasti mendapatkan balasan yang sengsara.

Maka itu menimbun berkah itu juga tidak gampang, anda harus tahu membedakan benar dan sesat, kalau keliru mendukung yang sesat, maka akan menciptakan banyak karma buruk.

Perkembangan Dharma itu kadang naik kadang turun, kadang kala ajaran benar juga bisa berubah jadi sesat, demikian pula kadang kala yang sesat malah bisa berubah jadi benar. Semua ini terpulang pada niat pikiran manusia. Apa yang dimaksud dengan pikiran benar? Yakni mewujudkan pelatihan diri sendiri adalah benar.

Dalam menimbun berkah harus tahu mana berkah yang sesungguhnya dan mana yang palsu. Satu prinsip, yakni yang memberi manfaat bagi masyarakat dan khalayak ramai adalah benar, sebaliknya yang suka menghalang-halangi, yang menjelek-jelekkan orang lain, itulah sesat.

Kalau tujuannya adalah demi kepentingannya sendiri, maka inilah yang disebut beralih dari benar menjadi sesat.


如何辨別正法與邪法 | 餐後開示  2019/12/28  台南極樂寺

護法最重要的能辨別邪正,護持正法,不護持邪法,這個很重要,護錯了造業。這個正與邪的辨別,多聽經、多看經、多讀經,他講的跟經上講的、祖師大德講的相應,這個法是正的;不相應,那法有問題。這個必須要分清楚,搞錯了就造業,造業受的是苦報。所以求福也不容易,你要有能力辨別邪正,護錯了,護到邪法了,造很多業。 法,法運有高低、有起伏,不是正法永遠是正法,正會變成邪,邪會變成正;人的念頭。什麼是正念?成就自己的道業是正。

 佛家講種福,是真的福是假的福?功德,佛邊的功德還是魔邊的功德?你要有能力辨別。一個原則,利益社會大眾的是正,障礙他、破壞他的是邪。為個人的利益,由正變到邪